Ini Dia Penyebab Utama Kelahiran Bayi Prematur yang Perlu Kamu Tahu


penyebab-bayi-prematur
Penyebab bayi prematur | Bayi prematur mungkin tidak pernah diharapkan oleh setiap orang tua. Namun, kelahiran bayi prematur, terkadang tidak bisa dihindari, bahkan terkadang pula “diharuskan”.
Salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur adalah hamil anak kembar. Hampir semua kehamilan anak kembar akan menjalani proses persalinan yang lebih cepat dari persalinan normal. Biasanya, antara kandungan usia 32 hingga 37 tahun.
Pertanyaannya, mengapa kehamilan kembar sering kali dihubungkan dengan kelahiran prematur? Dan, apa sebenarnya kaitan antara kehamilan kembar dengan bayi prematur?
Untuk menjawab pertanyaan ini, berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan kelahiran prematur pada kehamilan kembar. Artikel ini asalnya dilanser di www.babycentre.co.uk.

1. Sikap dan gaya hidup selama masa kehamilan

Salah satu faktor penyebab kelahiran bayi prematur adalah sikap dan gaya hidup sang ibu selama menjalani masa kehamilan. Agar kelahiran prematur tidak terjadi pada Anda, Anda harus menata ulang sikap dan gaya hidup sehari-hari. Lakukan olah raga yang rutin, makan yang cukup, dan istirahat yang cukup.

2. Rasa khawatir berlebihan

Anda mungkin sering mendengar bahwa kehamilan kembar memiliki risiko mengalami gangguan kehamilan yang lebih tinggi. Tentang hal ini, Anda tidak perlu khawatir. Yang perlu Anda lakukan hanyalah tetap tenang dan jangan panik. Jika Anda memahami apa yang harus dan tidak boleh Anda lakukan, maka kelahiran prematur itu dapat Anda hindari.

3. Bayi berbagi plasenta

Kehamilan kembar memiliki 2 tipe atau jenis. Pertama, kehamilan yang memiliki dua plasenta untuk masing-masing bayi. Kedua, kehamilan kembar yang hanya memiliki satu plasenta untuk dua bayi. Jika kehamilan Anda termasuk pada jenis kedua, maka Anda harus memberikan perhatian yang sangat ekstra pada kehamilan Anda.

Nah, kehamilan seperti pada poin ketiga inilah yang menjadi salah satu faktor terjadi kelahiran prematur. Sebab, kehamilan kembar dengan satu plasenta memiliki risiko yang lebih besar terjadinya persalinan prematur. Sebab, bayi berbagi plasenta satu dengan lainnya.

Itulah faktor-faktor penyebab bayi prematur pada kehamilan kembar yang perlu Anda tahu.Sehingga, Anda mengetahui apa yang harus Anda lakukan saat mengalami kehamilan kembar. Semoga bermanfaat.